Waspada Makanan Pedas pada Penderita Asam Lambung

Waspada Makanan Pedas pada Penderita Asam Lambung

Makanan pedas sering menjadi perbincangan terutama untuk seseorang yang mempunyai penyakit asam lambung. Mengapa demikian? Karena pada saat kita mengonsumsinya dapat menyebabkan penyakit asam lambung kambuh, penyakit ini bisa disebut juga gastroesophageal reflux atau GERD. Makanan pedas juga bisa mengakibatkan terjadinya sensasi terbakar yang bisa menjalar hingga tenggorokan (heartburn). Pada kasus ini terjadi karena ketika makanan dan asam lambung keluar menuju kerongkongan melalui katup di atas lambung. Jika kamu pecinta makanan pedas dan tidak bisa menghindarinya, kurangilah porsi makanan pedasmu agar asam lambung tidak sering kambuh.

Mengapa Penderita Asam Lambung Berkaitan dengan Makanan Pedas?

  • Makanan pedas dapat berpengaruh terhadap kadar asam lambung yang mengakibatkan mulas-mulas
  • Banyak memiliki asam yang tinggi
  • Makanan dengan kandungan lemak tinggi yang sulit di cerna dan memungkinkan asam lambung naik hingga mulas
  • Makanan pedas membuat mulas dan akan lebih buruk apabila lapisan esofagus sudah sensitif terhadap asam lambung.

Sebenarnya hal yang wajar jika seseorang asam lambungnya naik sesekali, namun jika lebih dari dua kali seminggu selama beberapa minggu, harus di waspadai dan segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika tidak segera diobati penyakit asam lambung akan semakin parah dan sering kambuh. Tidak menutup kemungkinan pula penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Apabila kamu pengidap asam lambung dan sering kambuh, kamu masih bisa menikmati beberapa makanan, yaitu daging tanpa lemak, ikan, unggas, sayur-mayur, buah-buahan, serta biji-bijian. Olahan masakan harus di perhatikan juga, jika ada yang memicu asam lambung seperti cabai sebaiknya gunakan sedikit saja, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan herbal segar sebagai ganti dari rasa pedas tersebut.

Sumber Pikiran Rakyat, Luna Maya dilarikan ke Rumah Sakit akibat Asam Lambung

Berikut Makanan Pedas yang Harus Kamu Hindari!

Ada beberapa makanan yang menjadi perhatian khusus bagi para pengidap penyakit asam lambung, yakni

  • Paprika dan tomat, bahan makanan ini biasanya banyak ditemukan pada kari
  • Bawang merah dan putih, ditemukan pada hidangan pedas
  • Lada hitam, selalu ada pada masakan pedas
  • Daging, semakin banyak lemak di dalam daging, potensi asam lambung untuk naik akan besar karena daging susah di cerna.

Cara yang paling baik untuk penderita asam lambung adalah menghindari makanan pedas dengan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk masak atau dilihat kembali pada kemasan makanan. Jika asam lambung naik, sebaiknya dihentikan dulu kegiatan makan. Selain itu, terdapat cara lain untuk menghindari terjadinya asam lambung naik dengan makan malam lebih awal karena jika makan malam dan langsung berbaring hal ini menyebabkan asam lambung mudah naik dan tentunya mengganggu kualitas tidur. Jadi, sangat dianjurkan untuk makan malam tiga jam sebelum tidur.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published.